Share:

Belu, Kalam Batu – Pembangunan SDM adalah Fondasi untuk Indonesia maju. Hal itu diungkapkan Presiden RI, Ir. Joko Widodo saat meresmikan Kampus Politeknik dr. Aloysius Benedictus Mboi, M. Ph UNHAN, di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, pada Kamis (24/3/2022).

Dijelaskan bahwa politeknik ini akan menjadi tempat belajar dan meningkatkan keterampilan anak-anak muda, khususnya di perbatasan Atambua dengan Timor Leste.

“Dengan bekal pendidikan dan pelatihan vokasional di politeknik ini, kita akan memiliki anak-anak muda yang terampil, yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Selain itu, bagi yang menjadi wirausaha juga akan bisa menciptakan lapangan kerja baru,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Prabowo Berencana Perbanyak Kapasitas Politeknik Ben Mboi UNHAN

Presiden RI periode kedua ini menerangkan pembangunan SDM adalah fondasi untuk Indonesia maju. Karena itu, pelayanan pendidikan harus tersebar secara merata di seluruh penjuru tanah air, bisa diakses oleh seluruh masyarakat tanpa terkecuali, baik di kawasan perbatasan sampai dengan pulau-pulau terdepan, dan juga memiliki kualitas yang baik.

“Tadi saya berbicara dengan para dosen di sini yang memegang prodi-prodi yang ada. Saya meyakini kualitas Politeknik Ben Mboi ini akan jauh lebih baik dari politeknik yang lainnya, karena memang dosennya kualitasnya baik-baik dan pintar-pintar,” pintanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Politeknik Ben Mboi UNHAN

Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa pendidikan menjadi kunci perubahan kualitas kehidupan masyarakat, membantu keluar dari kemiskinan. Dengan pendidikan dan keterampilan bisa menjadi bekal dalam memperoleh pekerjaan yang layak, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarga serta menggerakkan ekonomi daerah.

“Saya juga melihat antusias masyarakat terhadap kehadiran Politeknik Ben Mboi ini sangat tinggi. Karena itu, saya meminta agar seluruh civitas akademika di politeknik bekerja keras karena kepercayaan itu dan juga agar dapat memenuhi harapan masyarakat, dan bisa melahirkan talenta-talenta hebat di Atambua, di Belu maupun di NTT dan lebih luas lagi di negara kita Indonesia, melahirkan SDM-SDM unggul yang mencintai tanah air, yang mencintai bangsa, yang mencintai negara kita, serta memberikan kontribusi besar bagi kemajuan daerah dan kemajuan negara kita,” pungkasnya.

Di akhir sambutannya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengucapkan doa dan meresmikan Kampus Politeknik “dr. Aloysius Benedictus Mboi”, Universitas Pertahanan, di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, wilayah perbatasan Negara RI-RDTL.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Kampus Politeknik dr. Aloysius Benedictus Mboi, M.P.H, saya resmikan sore hari ini,” tutup Presiden Jokowi dan disambut tepukan tangan dari semua hadirin yang ada dalam acara tersebut. (Richi Anyan)


Share:
2 thoughts on “Jokowi: Pembangunan SDM adalah Fondasi untuk Indonesia Maju”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *