Kalam Batu – Sudah kita baca pada kuis sebelumnya. Ada 10 pertanyaan yang menguji wawasan kita tentang sejarah bangsa Indonesia.

Berikut jawaban dari 10 pertanyaan Tes Wawasan Sejarah Bangsa Indonesia 10 pertanyaan Tes Wawasan Sejarah Bangsa Indonesia:

Lagu Indonesia Raya diperdengarkan pertama kali saat

Lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan pada Kongres Pemuda II Tanggal 28 Oktober 1928 di Gedung Indonesische Clubgebouw, Jl Kramat Raya 106. Saat itu, lagu Indonesia Raya dibawakan dengan alat musik Biola tanpa lirik. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah opsi (c).

Siapa Tokoh Yang Mengetik Tesk Proklamasi?

Teks Proklamasi ditandatangani oleh Soekarno dan Moh. Hatta atas nama wakil-wakil bangsa Indonesia, sesuai usulan Soekarni.

Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik setelah disetujui bersama. Orang yang berjasa mengetik teks proklamasi ini adalah tokoh Golongan Muda.

Beberapa perubahan teks proklamasi dalam proses pengetikan oleh Sayuti yaitu sebagai berikut:

  • Kata ‘tempoh’ diubah menjadi ‘tempo’
  • Kata ‘wakil-wakil bangsa Indonesia’ diubah menjadi ‘Atas nama bangsa Indonesia’
  • Rumusan ‘Djakarta 17-8-05’ menjadi ‘Djakarta hari 17 boelan 8 tahoen ’05.”
  • Naskah yang telah diketik oleh Sayuti Melik kemudian ditandatangani oleh Soekarno dan Moh. Hatta.

Hasil ketikan teks proklamasi oleh Sayuti Melik kemudian dikenal sebagai teks proklamasi yang otentik.

Dengan demikian, Jawaban yang benar adalah opsi (a).

Pembacaan Naskah Proklamasi dilakukan di…

Teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, yakni di kediaman Soekarno. Sebelumnya, sekitar pukul 05.00 WIB, Bung Hatta berpesan pada pemuda yang bekerja di kantor berita dan pers, terutama B.M. Diah, untuk memperbanyak teks proklamasi dan menyiarkannya ke seluruh dunia, seperti dikutip dari buku Sejarah SMA Kelas XII Program IPS oleh Prof. Dr. M. Habib Mustopo, dkk.

Menjelang pukul 10.00 WIB, sejumlah pemuda berbaris dengan tertib untuk mengikuti upacara proklamasi. Sejumlah tokoh yang hadir di antaranya yaitu Mr. A.A. Maramis, Ki Hajar Dewantara, Sam Ratulangi, K.H. Mas Mansur, Mr. Sartono, M. Tabrani, A.G. Pringgodigdo, dan lain-lain.

Jawaban yang benar adalah Opsi (a) dan (d) .

Bendera Sang Saka Putih dijahit oleh…

Bendera Sang Saka Merah Putih pertama kali dijahit oleh Fatmawati, istri dari Presiden Soekarno, setelah ia bersama keluarganya kembali ke Jakarta dari pengasingan di Bengkulu, Oktober 1944.

Bahan dari bendera ini adalah katun Jepang yang memang pada saat itu digunakan khusus untuk membuat bendera-bendera negara di dunia, berukuran 274 x 196 cm. Bendera itu pun selesai dijahit dalam waktu dua hari.

Setahun kemudian, bendera hasil jahitan tangan Fatmawati tersebut dikibarkan pertama kali pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta, saat proklamasi dilaksanakan. Bendera Indonesia ini dikibarkan oleh Latief Hendraningrat, Suhud, dan SK Trimurti.

Sejak tahun 1946 hingga 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun kemerdekaan RI saja.

Bendera Pusaka terakhir kali dikibarkan pada 17 Agustus 1968 di Istana Merdeka. Bendera Merah Putih tidak lagi dikibarkan karena kondisinya yang sudah rapuh. Warna dari Bendera Pusaka telah pudar karena dimakan usia dan kualitas kain benderanya.

Akhirnya, sejak 1969, bendera Indonesia sudah tidak pernah lagi dikibarkan dan disimpan di Istana Merdeka.

Sebagai pengganti Bendera Merah Putih yang asli, tahun 1969 dibuat bendera duplikat dari bahan sutra yang dikibarkan setiap tanggal 17 Agustus.

Dengan Demikian, Jawaban yang benar adalah Opsi (c).

Tokoh yang tidak masuk dalam penyusun teks proklamasi adalah…

Dikutip dari Tokoh Perjuangan Dunia Soekarno & Roald Amundsen, Dwi Suputra dan Sahanjaya (2017: 12), awal mulanya penyusunan teks proklamasi dilakukan di kediaman Laksamana Tadashi Maeda yang beralamat di Jalan Imam Bonjol Nomor 1. Pada saat itu 3 anggota PPKI (Pantia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) seperti Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Mr. Achmad Subardjo mulai merancang serta menyusun teks proklamasi dengan konsep awal yang ditulis oleh Soekarno sendiri. Dengan demikian, yang tidak termasuk dalam penyusun teks proklamasi adalah Soewirjo. Maka jawaban yang benar adalah opsi (c).

Penjajahan Bangsa Belanda terhadap Indonesia terjadi selama…

Sudah kita tahu bersama bahwa Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun. Sedangkan Jepang menjajah Indonesia selama 3.5 tahun. Dengan demikian, opsi yang tepat adalah Opsi (c).

Peristiwa pengamanan Soekarno dan Moh. Hatta oleh kelompok pemuda dikenal sebagai…

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa penculikan yang dilakukan oleh sejumlah pemuda antara lain: Soekarni, Wikana, Sayuti Malik, dan Chaerul Saleh dari perkumpulan “Menteng 31” terhadap Soekarno dan Hatta. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok-Kerawang untuk kemudian didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Indonesia, sampai dengan terjadinya kesepakatan antara golongan tua yang diwakili Soekarno dan Hatta serta Mr. Achmad Subardjo dengan golongan muda tentang kapan proklamasi akan dilaksanakan terutama setelah Jepang mengalami kekalahan dalam Perang Pasifik.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah opsi (b).

Sehari setelah Indonesia merdeka, UUD’45 pun ditetapkan oleh…

Konstitusi atau hukum tata negara bersumber dari dasar negara, yaitu isi UUD 1945. Isi norma tersebut bertujuan mencapai cita-cita yang terkandung dalam dasar negara.

UUD 1945 berhasil disahkan sebagai konstitusi melalui Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI atau Dokuritsu Junbi Inkai) sehari pasca kemerdekaan, yakni pada tanggal 18 Agustus 1945.

Dengan Demikian, jawaban yang benar adalah opsi (b) .

PETA adalah kesatuan militer sukarela yang dibentuk Penjajah Jepang di Indonesia. Kepanjangan PETA adalah…

PETA merupakan singkatan dari “Pembela Tanah Air” yang juga bentukan junta militer pendudukan Kekaisaran Jepang di Indonesia yang didirikan pada bulan Oktober 1943. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah opsi (c).

Siapa tokoh yang memberikan sambutan ketika upacara pembacaan teks proklamasi?

Yang memberikan kata sambutan pada saat setelah dibacakan teks proklamasi adalah  Sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi

Raden Suwiryo (lahir di Wonogiri, Jawa Tengah, 17 Februari 1903 – meninggal di Jakarta, 27 Agustus 1967 pada umur 64 tahun) adalah seorang tokoh pergerakan Indonesia. Ia juga pernah menjadi Wali kota Jakarta dan Ketua Umum PNI. Ia juga pernah menjadi Wakil Perdana Menteri pada Kabinet Sukiman-Suwiryo. Pada masa mudanya Suwiryo aktif dalam perhimpunan pemuda Jong Java dan kemudian PNI. Setelah PNI bubar tahun 1931, Suwiryo turut mendirikan Partindo. Pada zaman kependudukan Jepang, Suwiryo aktif di Jawa Hokokai dan Putera.

Dr. Moewardi (Pati, Jawa Tengah, 1907 – Surakarta, Jawa Tengah, 13 Oktober 1948) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Moewardi adalah seorang dokter lulusan STOVIA. Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan Spesialisasi Telinga Hidung Tenggorokan (THT). Selain itu aa adalah ketua Barisan Pelopor tahun 1945 di Surakarta dan terlibat dalam peristiwa proklamasi 17 Agustus 1945. Dalam acara tersebut, ia juga turut memberikan sambutan setelah Soewirjo, wakil wali kota Jakarta saat itu.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah opsi (d)

Demikian jawaban dan ulasan dari 10 pertanyaan Tes Wawasan Sejarah Bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat. (Richi Anyan) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *