Share:

Belu, Kalam Batu – Salah satu Imam Katolik, Rm. Gregorius Robi Kiik, PR sangat menyayangkan aksi demonstrasi yang dilakukan beberapa Masyarakat Belu, Senin (11/4) 2022).

Hal itu dikarenakan saat ini, umat Katolik di seluruh dunia sedang menjalani masa Ret-Ret Agung, masa Silentium Magnum. Masa ini adalah masa tenang di mana umat Katolik benar-benar mempersiapkan dirinya untuk mengikuti perayaan Paskah.

“Sebagai Imam Katolik, Sangat disayangkan kita berdemo di masa retret Agung. Ret-ret Agung adalah masa yang tenang masa Silentium Magnum untuk kita umat Katolik berdiam diri, mempersiapkan diri untuk menyongsong hari Raya Paskah, sengsara, wafat, dan kebangkitan Kristus. Karena itu, saya mempertanyakan ke-Katolik-an mereka,” tegasnya.

Dikatakan bahwa kabupaten Belu sebagai salah kabupaten dengan tingkat toleransi antar umat beragama sangat baik. Akan tetapi, di masa Umat Katolik sedang menjalani Ret-Ret agung, malah sebagian orang melakukan demonstrasi. Hal ini sangat disayangkan.

“Kabupaten ini adalah kabupaten dikenal dengan toleransi antar umat beragama yang sangat tinggi. Jika yang berdemo bukan dari agama Katolik, maka kita mempertanyakan di mana toleransi antar umat beragama itu? Jika mereka yang berdemo ini adalah orang-orang Katolik, bagaimana dia bisa memaknai masa Ret-Ret Agung ini?” Demikian ucap salah satu Pastor Rekan di Paroki Sta. Maria Imaculata Katedral Atambua itu.

Rm. Robi mengungkapkan bahwa dirinya sangat menghargai mereka yang melakukan demonstrasi sebagai bentuk menyuarakan aspirasi rakyat. Akan tetapi, menurutnya, Aksi itu seharusnya dilakukan setelah masa Ret-Ret Agung ini selesai. Bahkan bila perlu aksi itu dibuat setelah hari raya Pentakosta sehingga tidak mengganggu umat Katolik yang saat ini sedang menjalani ibadah paskah.

“Kita menghargai kelompok yang melakukan aksi untuk menyuarakan aspirasi rakyat. Tetapi, ada baiknya aksi itu dilakukan setelah masa paskah ini. Bahkan kalau bisa dilakukan setelah Hari Raya Pentakosta,” ucapnya.


Share:
One thought on “Ini Tanggapan Imam Katolik Saat Ada Demonstrasi Teko di Masa Ret-Ret Agung”
  1. Right here is the perfect webpage for everyone who would like to understand this topic. You understand a whole lot its almost tough to argue with you (not that I really will need toÖHaHa). You certainly put a fresh spin on a subject that has been discussed for a long time. Wonderful stuff, just excellent!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *