Share:

Belu, Kalam Batu – Bupati Belu dr. Agustinus Taolin, Sp.PD, KG-EH, FINASIM memimpin Apel Personil Satgas Kebersihan di Lapangan Umum Atambua, Jumat (30/4/2021).

Dalam sambutannya Bupati Belu mengungkapkan bahwa apel pagi hari ini untuk melihat kekuatan dan kesiapan dari seluruh petugas Satgas Kebersihan dalam melaksanakan tugas kebersihan di lapangan.

“Hari ini kita melakukan apel pagi untuk melihat kekuatan, kesiapan dari seluruh petugas, peralatan yang tersedia. Mengapa? Sebab kebersihan, kesehatan merupakan salah satu program prioritas Bupati dan Wakil Bupati periode ini. Oleh karena itu, saya minta yang pertama adalah tegakkan  disiplin baik disiplin waktu, disiplin dalam pelaksanaan tugas dari seluruh komponen masing-masing di wilayah tempat kerjanya.  Saya mau lihat  keberadaan atau zonasi dari petugas-petugas di seluruh wilayah Kabupaten Belu ini, siapa bertanggung jawab terhadap apa dan dia berada dimana, tugasnya apa, hasilnya apa dan dikontrol oleh siapa.  Masing-masing secara berjenjang sampai Bupati dan Wakil Bupati serta jajarannya,” ungkapnya.

Lanjut Bupati Belu, dirinya akan memantau setiap persimpangan dan sudut kota untuk memastikan kota Atambua dalam keadaan bersih.

“Saya minta kepada para Camat dan Lurah yang berada di wilayah kota, untuk melihat kebersihan kota dan sekitarnya dan saya akan mengecek dan memantau kebersihan kota agar kota Atambua ini  terstandarisasi kebersihan dan keindahannya. Juga di tempat di mana kita bekerja terutama di kantor-kantor harus memiliki MCK yang bersih dan terdapat perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan serta adanya daftar standarisasi,” pungkasnya.

Bupati Belu juga menghimbau supaya para pegawai dan pekerja harus menggunakan papan nama agar pada saat melaksanakan tugas dapat mengenalnya.

“Saya minta kepada para staf yang melaksanakan tugas diwajibkan untuk menggunakan papan nama agar dapat memudahkan untuk mengenalnya,” pinta dokter teladan itu.

Untuk memudahkan pengawasan tingkat kedisiplinan, Pemda Belu akan menyiapkan absen secara digital yang bisa diawasi dan dipantau oleh pimpinan. “Dalam absen digital terdapat  beberapa poin dan kita akan menerapkannya  agar ada perubahan-perubahan dalam diri kita terutama terhadap pola pikir dan pola kerja. Kerja harus fokus, harus sesuai dengan prioritas dan selalu disiplin dalam melaksanakan tugas dan tupoksinya”.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Belu Drs. Aloysius Haleserens, MM menambahkan perihal penggunaan kendaraan baik Pimpinan OPD maupun Satgas Kebersihan untuk tetap memperhatikan kendaraan operasional yang digunakan untuk bekerja.

“Sebelum kita bekerja, kendaraan dalam kondisi aman dan nyaman, perhatikan rem, bahan bakar, perhatian jangka waktu pergantian oli, para pengemudi harus memiliki Surat Ijin Mengemudi, kelengkapan diri dalam bekerja bagi satgas harus ada sarung tangan, tutup kepala dan pimpinan OPD harus merencanakan untuk pengadaan perlengkapan bagi satgas Kebersihan,” ungkap Wakil bupati Belu.

Wakil bupati Belu juga menghimbau kepada seluruh pimpinan OPD untuk bekerja melayani masyarakat dengan hati nurani, karena sebagai Aparatur Sipil Negara pastikan diri kita memahami beberapa hal yakni tunjukan kinerja, dan prestasi yang baik, disiplin kerja, loyalitas, dan tidak tercela.

“Pastikan semua itu ada dalam diri kita!” Demikian tegasnya.

Selain itu, Wakil Bupati Belu juga meminta agar Satgas Kebersihan dan instansi terkait memperhatikan seputaran alun-alun kota Atambua dalam tiga hari ke depan. “Diusahakan untuk bersih dan tertata rapih”.

Setelah menggelar apel, Bupati Belu didampingi Wakil Bupati Belu dan beberapa pimpinan OPD memantau kendaraan operasional pengangkut sampah dan tangki air serta memantau para pedagang kaki lima di seputaran lapangan umum Atambua.

Turut hadir dalam apel kesiapan tersebut Pj. Sekda Belu Frans Manafe, S.Pi, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si yang juga sebagai Kadis Kominfo Belu serta beberapa pimpinan OPD terkait lainnya. (Richi Anyan)


Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *