Share:

Belu, Kalam Batu – Hari pertama berkantor, Bupati Belu dr. Agustinus Taolin, SpPD, KG-EH,  FINASIM langsung melakukan koordinasi bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Belu di Ruang Rapat Bupati Belu, Rabu (28/4/2021).

Didampingi Wakil Bupati Belu Drs. Aloysius Haleserens, MM., dr. Agustinus Taolin menjelaskan maksud dan tujuan dari Tim Gugus Covid -19. Dijelaskan, Tim tersebut bertugas untuk melakukan koordinasi antar lembaga dalam upaya penanggulangan dan pencegahan dari penyebaran dan dampak COVID-19. Selain itu, Tim Gugus Tugas Covid-19 wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Belu.

Demi memaksimalkan tugas dan pelayanan kepada masyarakat, maka perlu dilakukan revisi SK Gugus Tugas Covid -19.

Selain itu, data yang diperoleh dan disiarkan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Belu harus real dan up date. Karena itu, para petugas medis harus lebih responsif dan cepat dalam menangani kasus.

Guna mempermudah Up date data, maka Bupati Belu juga menyiapkan Tim IT dari Surabaya melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi Covid Tracker. Aplikasi ini berfungsi untuk memonitoring perkembangan penyebaran Covid -19 di Kabupaten Belu.

Bupati Belu juga meminta kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Belu untuk memperhatikan penggunaan peralatan APD dengan benar dan harus sesuai dengan standar penanganan Covid -19.

Ditambahkan, para pelintas batas negara wajib menggunakan rapid test antigen. “Untuk hal l-hal teknis yang sudah dilakukan, sampai hari ini, masih banyak kendala yang masih kita hadapi dalam hal anggaran keuangan, data maupun pelaporannya”.

Di akhir pertemuan itu, Bupati Belu dr. Agustinus Taolin mengajak seluruh pimpinan OPD bersama staf dan semua masyarakat Belu untuk melakukan perubahan perilaku dengan tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah maupun dalam mengatasi Covid-19.

Untuk diketahui, Rapat Koordinasi Gugus Tugas Covid -19 tersebut dihadiri Penjabat Sekda Belu  – Frans Manafe, S.Pi, salah satu Asisten  Sekda Belu – Drs. Alfredo Pires Amaral, Plt.  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu – Theresia M.B. Saik, SKM, M.Kes, Kepala BPBD Kab. Belu- Baltasar Bouk, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Belu – Johanes Andes Prihatin, SE., M.Si, serta sejumlah pimpinan OPD terkait lainnya. (Richi Anyan)


Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *