Share:

Belu, Kalam Batu – Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, SpPD-KEGH, FANASIM menolong salah satu pengendara Mobil yang mengalami kecelakaan Tunggal di Maubesi, Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten TTU, Minggu (20/6/2021) sekitar pukul 22.00 Wita.

Saat itu, Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin sedang melakukan perjalanan dinas ke Kupang guna mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi NTT yang direncanakan akan dilaksanakan pada, Senin (21/6/2021) pukul 08.00 Wita.

Guna mengikuti kegiatan tersebut, maka Bupati Belu dr. Agustinus Taolin pun melakukan perjalanan ke Kupang. Mereka bergegas dari Rumah Jabatan Bupati Belu sekitar pukul 21.00 Wita.

Saat di perjalanan memasuki wilayah Kabupaten TTU, Tiba-tiba mereka melihat ada kerumunan masa yang banyak di tepi jalan Maubesi, Kecamatan Insana Tengah. Ternyata ada sebuah mobil Avansa berwarna putih yang baru saja mengalami kecelakaan Tunggal. Karena ngebut, pengendara mobil itu hilang kendali. Akibatnya ban mobil pun masuk ke dalam selokan.

Mendengar kejadian itu, warga berlarian menuju lokasi kejadian. Di sana para warga berusaha menolong pengendara mobil. Si pengendara pun di suruh warga untuk tidur terlentang di tepi jalan.

Melihat ada kecelakaan, maka, Bupati Belu dr. Agustinus Taolin segera memerintahkan sopirnya untuk menepi. Bupati Belu pun segera bergegas turun dari mobil dan langsung berjalan menuju pengendara mobil yang sedang terbaring lemas di tepi jalan.

Bupati Belu menghampiri pengendara tersebut dan coba berkomunikasi dengan si pengendara dengan menggunakan bahasa Tetun (bahasa daerah masyarakat Kabupaten Belu).

Sembari berkomunikasi, Bupati Belu juga segera memberikan obat dan sebotol air mineral kepada si pengendara sembari memintanya untuk segera meminum obat tersebut. Setelah si pengendara merasa enakan, Bupati Belu pun segera melanjutkan perjalanan  ke Kupang.

“Saya lihat ada yang kecelakaan di jalan, maka saya harus tolong,” tuturnya.

Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin yang diberi gelar dokter teladan itu memang terkenal sering menolong orang sakit. Banyak pengakuan dari masyarakat yang mengatakan bahwa selain bertangan dingin, dr. Agustinus Taolin juga kerap memberikan pelayanan medis secara gratis kepada masyarakat miskin yang sakit. Dirinya juga kerap menolong orang yang mengalami kecelakaan di jalan. Karena kebiasaannya itu, dr. Agustinus Taolin banyak dicintai oleh masyarakat.

Setelah menjadi bupati, kebiasaannya untuk selalu membawa perlengkapan medis dan obat-obatan di dalam mobil pun masih terus ia lakukan. Hal itu juga yang terjadi pada malam tadi, (20/6/2021).

“Selain Bupati, saya juga dokter. Kebiasaan untuk membawa perlengkapan medis dan obat-obatan selalu saya lakukan karena kita tidak tahu, bila bertemu orang sakit di jalan, kita bisa tolong, minimal melakukan pertolongan pertama sebelum meminta mereka pergi ke puskesmas atau Rumah Sakit,” ujarnya ketika dikonfirmasi media ini, Senin (21/6/2021). (Richi Anyan)


Share:
One thought on “Bupati Belu Tolong Orang Kecelakaan di Jalan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *